Aku dan FC (Food Combining)

foto foto milik pribadi

Bisa dibilang perjalanan menuju perubahan pola makan dan gaya hidup adalah perjalanan yang sangaaat panjang bagi saya. baik dari segi pengetahuan maupun kesadaran, awareness dalam bidang kesehatan diri yang sangat minim.

Bertahun tahun menjalani pola makan apa adanya, hehe maksudnya yaa pengennya makan apa ya itu dimakan, sehat ya makan banyak protein, tambah lagi minum susu. Terus berlanjut pola makan seperti itu hingga masa masa bekerja, sampai menikah. Kurang tidur di waktu malam, tengah malam masih bekerja, jika lapar tengah malam keluar mencari makanan, aahh those days…

Hingga pada tahun 2009 Qadarallah dikasi peringatan sama Allah , di beri ujian Sakit. Ya sakit itu hingga membuat saya tidak bisa melakukan aktivitas apapun, hingga saat parah2 parahnya mencapai 3 bulan hanya dikasur saja. Sampai susut hampir 15 kg berat badan waktu itu. Tapi kesadaran belum juga muncul. Wisata dokter kesana kemari dsb. Hingga pada suatu saat, saya mencoba berobat ke seorang Herbalis (semoga Allah menjaga beliau) disitu saya ditanya, Ibu suka makan apa, Ibu dulu pernah marah dsb, dan semua itu benar adanya, hiks.. Disitu baru sadar bahwa, tubuh kita ini adalah apa yang kita makan dan apa yang kita pikirkan. Dan kesehan tubuh kita ini sangat dangat diperngaruhi oleh kesehatan jiwa. Jlebb….. Saat itu nangiiis ajaa dan mulai bertekad pelan pelan merubah pola pikir, pola makan dan gaya hidup yang tidak baik. Daaann ternyata tak semudah itu, tapi alhamdulillah dalam waktu kurang lebih 3 tahun hingga akhirnya perlahan semua membaik. Syndrom metabolik, takikardia, ancietas dan GERD perlahan mereda.

Sekarang, bukan mau gaya gaya nggak mau makan ini makan itu, tidaak, bukan begitu. Bukankah kita juga tidak boleh mengharamkan apa yang telah Allah halalkan? tapi bagi tubuh saya, sudah terlalu berlebihan mengkonsumsi semua itu hingga sekarang sedang berlatih mengurangi makanan makanan yang bisa membawa dampak tidak baik. Sebagai muslim, ingat ingat kaidah, apa yang baik untukmu ya ambil, apa yang membawa mudhorot ya tinggalkan.

Awal tekad merubah itu semua, saya awali dengan memulai renang seminggu sekali. Waktu itu masih tinggal di Surabaya, ada kolam renang khusus muslimah (namanya Alhikmah di daerah Gayungkebonsari Surabaya). Lalu Sempat juga memakai produk he*****fe beberapa bulan, karena waktu itu masih belum ketemu dengan pola makan ini. Selain berenang seminggu sekali aerobik dan yoga. Setelah itu beralih mengikuti pola hidup sehat Denny Santoso (:D) , follow twit nya, insagramnya dan web nya. Tapi belum bisa konsisten juga karena masih belum terasa nyaman di tubuh.

Sampai akhirnya my best beloved friend, mengenalkan apa itu pola makan Food Combining. Pelan pelan membaca juklak FC. Membaca buku buku karya Wied Harry, Erykar Lebang dan membaca buku yang berjudul Enzym yang ditulis oleh Prof. Hiromi. Disitu saya temukan semuaaaa keluhan yang baru saya tau ternyata disebabkan oleh makanan yang saya konsumsi. Dan itu semua benar, kesukaan saya makan Cake, Roti, Mie, Keju semua produk susu dan turunannya, serta produk Gluten, disitu dijelaskan apa efek dari terlalu sering mengkonsumsi makanan makanan seperti itu, dan makanan makanan yang sehat justru sangaaaat kurang sekali saya konsumsi.

Nah, yang ingin tau lebih detilnya bisa langsung klik disini yaa Food Combining Itu Mudah. Disitu lengkap sekali penjelasan, apa yang disebut dengan tubuh sehat, apa itu asam basa tubuh, dan menu menu makan yang bisa diterapkan.

Namanya juga sedang belajar. masih sering tertaih tatih. Apalagi untuk lemon hangat dipagi hari, masih lebih suka membuat infused water lemon yang dibiarkan semalaman untuk diminum di pagi hari. Tapi semangat in syaa Allah masih terjaga. Saya sendiri cenderung menerapkan pola makan alkali, lebih cenderung perbanyak asupan Basa. karena kondisi tubuh yang sudah terlalu asam.

Hanya sebuah ikhtiar, karena kembali lagi Sakit dan Sehat itu qadarallah, ketetapan Allah azza wa jalla. Manusia hanya bisa berikhtiar dengan ilmu dan kemampuan yang dimilikinya

Last but not least, Yang PALING PENTING dalam menjaga kesehatan tubuh adalah juga menjaga KESEHATAN JIWA. Bersihkan diri dari maksiat, bersihkan diri dari harta yang haram, bersihkan mata dari melihat yang tidak halal, bersihkan hati dari semua penyakit hati, marah, dendam, hasad, dengki, iri, riya, sumah, namimah dan bersihkan diri dari semua hal yang Allah tidak ridho, semakin mendekatkan diri kepada Sang Pemilik Jiwa, perbanyak dzikir, rutinkan dzikir pagi petang, bangun disepertiga malam yang terakhir, perbanyak ibadah Sunnah, in syaa Allah. Daaan  perlu dicatat, penting! yaitu : Janganlah marah, Laa Taghdob!, marah itu melukai organ tubuh kita, NOTED.

#ntms : selamat berjuang  Anggun !! pe ernya masih banyak, termasuk menularkan ke suami dan anak anak. Hamasah.!

———————————————————————-

Bekasi, di Sabtu yang sangat cerah ^_*

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s